5 Tempat Wisata di Klaten yang Lagi Hits (2022)

Tempat Wisata di Klaten yang Lagi Hits

Lagi liburan di sekitar Klaten? Ingin suasana wisata baru? Klaten punya banyak tempat wisata kekinian yang bisa memberimu pengalaman liburan yang menyenangkan. Mulai dari wisata umbul, wisata sejarah, taman bermain hingga area camping dengan pemandangan alam memesona.

Ingin tahu di mana saja tempat wisata di Klaten yang bagus? Yuk, baca artikel ini sampai selesai. Kami akan memberikan rekomendasi tempat-tempat wisata menarik khusus untuk kamu. Lanjut!

1. Umbul Ponggok

Wisata-Klaten---Umbul-Ponggok
Umbul Ponggok, Klaten (image credit: instagram.com/umbul_ponggok/)
LokasiJl. Delanggu- Polanharjo No.Ds, Jeblogan, Ponggok, Kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Jum’at, 08.00-16.00 Sabtu-Minggu, 08.00-17.00
Tiket masukSenin-Jum’at: Rp10.000
Sabtu-Minggu: Rp15.000
Hari libur nasional: Rp15.000
Biaya lain-lainParkir motor: Rp2.000
Parkir mobil: Rp5.000
Makanan: mulai dari Rp7.000
Minuman: mulai dari Rp3.000
Camilan: mulai dari Rp5.000
Sewa pelampung: Rp7.000
Foto underwater:
Rp60.000/30 menit (maksimal 4 orang)
Rp100.000/60 menit (maksimal 7 orang)
Paket Diving:
Rp250.000/60 menit/orang (sudah termasuk: dokumentasi foto & video, alat menyelam lengkap, dan instruktor)
Rating tempat wisata4,4/5 dari 19.767 ulasan Google

Berjuluk negeri seribu umbul, Klaten dengan bangga mempersembahkan wisata air Umbul Ponggok. Umbul Ponggok merupakan wahana wisata air yang menyajikan rekreasi snorkling, diving dan foto underwater di kolam mata air alami dengan air yang dingin dan menyegarkan.

Kini, kamu nggak perlu berkelana ke laut dalam yang jauh hanya untuk menyelam melihat ikan dan foto underwater. Karena Umbul Ponggok menyediakan sensasi keseruan itu dengan biaya lebih murah. Bahkan kamu bisa foto underwater dengan berbagai tema dengan properti yang kamu sukai.

Pengelola Umbul Ponggok telah menyediakan jasa foto, persewaan kamera underwater dan operator yang berpengalaman. Wisatawan bisa foto sendiri atau menggunakan jasa foto underwater profesional untuk mengabadikan momen berharga bersama orang-orang tercinta.

Tertarik ke Umbul Ponggok, tapi saya nggak tahu tempatnya. Tenang, lokasi Umbul Ponggok mudah ditemukan dan seberang jalan raya, kok.

Lokasi objek wisata Umbul Ponggok berada di Ds, Jeblogan, Ponggok, Kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Lokasi Umbul Ponggok berdekatan dengan objek wisata Umbul Besuki, Umbul Sigedang – Kapilaler dan Umbul Pelem Waterpark.

Jika kamu berangkat dari kota Klaten, kamu perlu menempuh perjalanan selama 30 mnt (14,0 km). Rute tercepat dari Klaten adalah lewat Jl.Karanganom.

Mungkin kamu penasaran, kenapa Umbul Ponggok menjadi salah satu tempat wisata terhits di Klaten?

Setidaknya, ada 5 alasan kenapa Umbul Ponggok bisa viral dan menjadi objek wisata terhits di Klaten:

  1. Menawarkan sensasi foto underwater, snorkling dan diving yang seru dengan biaya murah tanpa perlu ke laut dalam.
  2. Memberikan pengalaman rekreasi yang menyegarkan karena sumber air kolam berasal dari mata air tawar alami yang dingin dan sejuk.
  3. Terdapat berbagai jenis ikan yang cantik sebagai background foto underwater.
  4. Ada jasa persewaan perlengkapan diving, snorkling, kamera underwater dan jasa foto underwater profesional.
  5. Harga tiket masuk dan sewa properti foto relatif murah.

Semenjak viral di sosial media, banyak wisatawan berbondong-bondong mendatangi Umbul Ponggok. Bukan hanya sekali, bahkan artis ibu kota datang untuk rekreasi ke Umbul Ponggok beberapa kali.

Wisatawan bisa betah rekreasi di Umbul Ponggok karena ada fasilitas foto underwater, snorkling, dan diving dengan biaya relatif murah. Terlebih air di Umbul Ponggok dingin dan menyegarkan. Jadi, wisatawan nyaman berlama-lama di sana.

Sebagai perkiraan saja, bagi wisatawan yang mau ke Umbul Ponggok. Estimasi pengeluaran wisatawan yang datang ke Umbul Ponggok sekitar Rp75.000-Rp250.000 per orang.

Yuk, liburan besok main ke Umbul Ponggok, Klaten. Nikmati keseruan wahana air di sana.

2. Candi Plaosan

Wisata Klaten - Candi Plaosan
Candi Plaosan, Klaten (image credit: instagram.com/diaryphoto__/)
LokasiJl. Candi Plaosan, Plaosan Lor, Bugisan, Kec. Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 07.30-16.30
Tiket masukDewasa: Rp10.000/orang
Anak: Rp2.000
Wisatawan Mancanegara: Rp50.000
Biaya lain-lainParkir mobil: Rp10.000
Parkir motor: Rp5.000
Minuman: mulai dari Rp5.000
Camilan: mulai dari Rp5.000
Rating tempat wisata4,6/5 dari 9.513 ulasan Google

Jika kamu menyukai wisata sejarah, kamu bisa mengunjungi Candi Plaosan saat liburan di Klaten. Candi Plaosan merupakan candi Buddha yang dibangun pada abad ke-9 oleh Raja Rakai Pikatan dan Sri Kahulunan pada zaman kerajaan Madang (Mataram Kuno). Ciri khas Candi Plaosan adalah adanya kemunca stupa, candi-candi perwara, dan arca Buddha.

Secara Geografis, Candi Plaosan terletak di Plaosan Lor, Bugisan, Kec. Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Letak Candi Plaosan berdekatan dengan objek wisata Candi Prambanan dan Candi Bubrah. Jadi, kamu bisa berkunjung ke tiga candi bersejarah sekaligus saat liburan di Klaten. Hehe.

Fyi, kalau kamu berangkat dari Kota Klaten, jarak tempuhnya nggak begitu jauh. Kamu hanya perlu berkendara selama 22 mnt (14,9 km). Rute tercepat yang kami rekomendasikan adalah lewat Jl. Raya Solo – Yogyakarta. Jalur ini jalur besar yang mulus dan arus transportasinya lancar.

Sesampainya di Candi Plaosan, kamu akan disuguhi kompleks candi yang memesona. Terlebih saat pemandangan di pagi hari dan sore hari.

Setidaknya ada 5 daya tarik Candi Plaosan yang memikat hati wisatawan, di antaranya:

  1. Pemandangan saat sunrise dan sunset di sana cantik. Jadi, jika kamu suka hunting foto, datanglah pagi-pagi sekali atau sore sekalian ya.
  2. Cagar budaya lintas generasi. Di bangun sejak abad ke-9, Candi Plaosan memiliki nilai sejarah yang tinggi bagi masyarakat Klaten dan Indonesia.
  3. Dekat dengan kompleks Candi Sewu. Bagi kamu pencinta wisata candi, Candi Plaosan letaknya berdekatan dengan kompleks Candi Sewu. Artinya, kamu akan menemukan banyak objek wisata candi di sekitar Candi Plaosan, seperti Candi Prambanan, Candi Bubrah, Candi Ratu Boko, dll. Dengan begitu, sekali wisata kamu bisa mengunjungi banyak candi sekaligus.
  4. Tiket masuk wisata relatif murah.
  5. Objek wisata terawat.

Padahal cuma wisata candi, kenapa banyak wisatawan betah berkunjung ke sana? Ada beberapa alasan kenapa wisatawan betah saat berada di Candi Plaosan. Pertama, udara di sekitar candi sangat sejuk saat pagi dan sore hari. Kedua, banyak spot foto cantik yang bisa dipakai untuk berswafoto. Ketiga, Candi Plaosan memiliki kisah sejarah yang menarik untuk dikenang.

Bagi kamu yang baru pertama kali ke Candi Plaosan, kamu nggak perlu takut boncos. Karena biasanya wisatawan hanya menghabiskan uang sekitar Rp30.000-50.000 per orang saat bertamasya di sana.

Setelah puas menikmati wisata Candi Plaosan, selanjutnya kami akan mengajakmu ke Umbul Manten. Yuk, lanjut baca.

3. Umbul Manten

Wisata Klaten - Umbul Manten
Umbul Manten, Klaten (image credit: instagram.com/fikri.p.u/)
LokasiJalan Janti Boto, Boto, Wunut, Kec. Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 06.00-18.00
Tiket masukRp10.000/orang
Biaya lain-lainParkir mobil: Rp3.000
Parkir motor: Rp2.000
Sewa tikar: Rp5.000
Kamar mandi: Rp2.000
Rating tempat wisata4,4/5 dari 7.911 ulasan Google

Berlokasi di Wunut, Kec. Tulung, Kabupaten Klaten, Umbul Manten sekarang santer di kalangan para pencinta wahana air. Umbul Manten merupakan salah satu wisata air yang terkenal di Kabupaten Klaten. Lokasi Umbul Manten berdekatan dengan Umbul Pelem Waterpark dan Umbul Nilo. Jadi, jika kamu pernah ke Umbul Pelem Waterpark, pasti pernah mendengar nama Umbul Manten.

Umbul Manten menawarkan tiga umbul untuk berenang, yaitu kolam utama, kolam sebelah timur dan aliran sungai. Pemandangan bawah airnya sangat mengagumkan. Instagramable banget untuk foto underwater. Karena kini semakin terkenal, pemerintah setempat kini melakukan renovasi di sekitar Umbul Manten agar pengunjung semakin betah.

Apakah Umbul Manten jauh dari Kota Klaten? Nggak, kok. Relatif dekat. Jika kamu pakai patokan Kota Klaten ke Umbul Manten, kamu hanya perlu berkendara sekitar 43 mnt (20,8 km). Jalur tercepat dari Kota Klaten ke Umbul Manten lewat Jl. Klaten – Jatinom.

Semakin tertarik untuk wisata ke Umbul Manten?

FYI, Umbul Manten memiliki 5 daya magnet wisata yang bikin tempat ini terkenal, di antaranya:

  1. Udara di sekitar umbul sangat sejuk dan pepohonan rindang.
  2. Memiliki suasana pedesaan dengan pemandangan persawahan yang istimewa.
  3. Spot foto underwater yang instagramable.
  4. Sumber mata air alami yang segar dari pepohonan yang telah berumur ratusan tahun.
  5. Terdapat kolam terapi ikan yang menyegarkan kaki.

Banyak wisatawan merasa betah rekreasi di Umbul Manten karena suasana di Umbul Manten masih alami, udara sejuk, airnya bersih dan menyegarkan. Tiket masuk yang relatif murah dengan pengalaman wisata yang menyenangkan menjadikan Umbul Manten melekat di hati wisatawan.

Jika kamu ingin ke Umbul Manten, kami bocorin estimasi biaya yang perlu kamu keluarkan. Setidaknya, wisatawan akan menghabiskan biaya sekitar Rp25.000-100.000 per orang di sini. Mulai dari biaya parkir, tiket masuk, makan, minum, sewa tikar hingga sewa kamera underwater.

Tertarik untuk mencoba menyelam di Umbul Manten? Yuk, weekend besok gas, ke Umbul Manten.

4. Taman Lampion Klaten

Wisata Klaten - Taman Lampion
Taman Lampion, Klaten (image credit: Taman Lampion Klaten Official)
LokasiGg. Tidar, Barenglor, Bareng Lor, Kec. Klaten Utara, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 04.30-21.00
Tiket masukRp0 (Gratis)
Biaya lain-lainParkir motor: Rp2.000
Parkir mobil: Rp3.000
Rating tempat wisata4,3/5 dari 4.132 ulasan Google

Lagi nyari taman wisata buat liburan bersama anak di area Klaten? Ke Taman Lampion saja. Taman Lampion adalah ruang terbuka hijau berbentuk taman kota yang terletak di tengah Kota Klaten. Di Taman Lampion kamu bisa jalan-jalan, bermain bersama anak, berswafoto, menghirup udara segar dan nongkrong cantik di sore hari.

Lokasi Taman Lampion berada di Bareng Lor, Kec. Klaten Utara, Kabupaten Klaten. Taman Lampion nggak jauh dari Alun-alun Klaten dan Taman Wisata Gergunung.

Jika kamu berangkat dari Alun Alun Klaten, kamu hanya perlu menempuh perjalanan selama 7 mnt (2,2 km) saja. Rekomendasi jalur tercepat lewat Jl. Rajawali dan Jl. Pemuda/Jl. Raya Solo – Yogyakarta.

Kenapa Taman Lampion jadi tempat wisata hits di Klaten?

Ada 5 alasan kenapa Taman Lampion jadi tempat wisata  hits di Klaten:

  1. Ruang terbuka hijau dengan udara sejuk dan pepohonan yang rindang
  2. Tiket masuk gratis namun fasilitas wisata bagus
  3. Pengunjung bisa bersantai di gazebo, jalan-jalan, berswafoto hingga bermain dengan anak sampai sore
  4. Desain taman dan ornamen taman sangat cantik dan terawat
  5. Saat malam hari terdapat pemandangan yang cantik dengan pencahayaan lampion yang remang-remang

Banyak pengunjung merasa betah saat berkunjung di Taman Lampion di sore hari. Menurut mereka, Taman Lampion memiliki suasana yang nyaman, udara sejuk dan tidak terlalu berisik. Nyaman untuk bersantai bersama keluarga.

Jika kamu memutuskan untuk ke Taman Lampion, datanglah saat sore hari atau malam hari. Kamu akan mendapatkan suasana bersantai yang menyenangkan. Untuk biaya, kamu nggak perlu takut bokek. Karena pengunjung yang datang ke Taman Lampion biasanya hanya menghabiskan uang sekitar Rp10.000-25.000 untuk jajan dan nemenin anak-anak bermain.

Destinasi wisata di Klaten selanjutnya adalah New Rivermoon. Yuk, lanjut.

5. New Rivermoon

Wisata Klaten - New Rivermoon
New Rivermoon, Klaten (image credit: instagram.com/efryeee/)
LokasiPusur, Karanglo, Kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 08.00-18.00
Tiket masukRp0 (gratis)
Biaya lain-lainParkir motor: Rp2.000
Parkir mobil: Rp3.000
River Tubing jarak dekat: Rp20.000
River Tubing jarak jauh: Rp40.000
Rating tempat wisata4,7/5 dari 3.883 ulasan Google

Destinasi wisata menarik di Klaten yang selanjutnya adalah New Rivermoon. New Rivermoon merupakan tempat rekreasi yang menyediakan layanan tubing di Kali Pusur, outbound, camping, fun game hingga resto dengan hidangan lezat.

Lokasi objek wisata New Rivermoon berada di Pusur, Karanglo, Kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten. Memang lokasinya agak tersembunyi, tapi akses jalan sudah bagus dan area parkir luas. Tapi, kamu nggak usah khawatir tersesat, karena papan petunjuk jalan ke New Rivermoon sudah sangat jelas.

Dan juga, New Rivermoon berdekatan dengan objek wisata Umbul Sigedang – Kapilaler, Umbul Besuki dan Umbul Ponggok. Jadi, sekali wisata ke Klaten, kamu bisa mengunjungi New Rivermoon beserta wahana wisata air terkenal di Klaten.

Apakah New Rivermoon jauh dari pusat kota Klaten? Nggak jauh kok. Jika acuanmu dari Alun Alun Klaten, untuk ke New Rivermoon kamu hanya perlu berkendara selama 31 mnt (16,2 km). Jalur tercepat yang kami rekomendasikan adalah lewat Jl. Karanganom.

Kenapa destinasi wisata New Rivermoon sangat populer di Klaten?

Ada 5 alasan kenapa New Rivermoon sangat hits di Klaten:

  1. Ada wisata air rafting dan tubing
  2. Tiket masuk gratis
  3. Terdapat taman yang indah dan nyaman untuk bermain anak
  4. Terdapat resto yang menyediakan makanan lezat dengan tempat makan indoor dan outdoor
  5. Banyak spot foto cantik

Wisatawan betah di New Rivermoon karena ada banyak pilihan wisata di sana, seperti tubing, outbound, fun game, jalan-jalan di taman, bersantai di gazebo, hingga makan sambil mendengarkan gemercik sungai pusur. Intinya, suasana di sana sangat menyenangkan.

Minggu depan berencana ke sana? Wisatawan yang ke sana sebagian besar menghabiskan biaya sekitar Rp65.000-150.000 per orang.

Related Posts