7 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Kebumen (2022)

Avatar photo
Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Kebumen

Salah satu hal yang menyenangkan saat liburan di Kebumen adalah jalan-jalan dan jajan. Ini karena Kebumen memiliki banyak tempat wisata yang bagus dan kuliner yang menggugah selera. Khusus untuk tempat wisata, Kebumen punya wisata gua, pantai, gumuk pasit hingga perbukitan. Jika kamu sedang liburan ke sana, wajib mengeksplorenya.

Biar pengalaman wisatamu lebih berkesan saat di Kebumen, kami buatkan rekomendasi khusus buat kamu. Berikut 10 rekomendasi tempat wisata terbaik di Kebumen:

1. Goa Jatijajar

Goa Jatijajar, Kebumen (kredit foto: instagram.com/kebumen_asik/)
LokasiJl. Jatijajar, Palamarta, Jatijajar, Kec. Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 07.30-16.00
Harga tiket masuk (HTM)Dewasa: Rp12.500/orang
Anak-anak: Rp5.500/orang
Rute menuju tempat wisata dari kota Kebumen1 jam 6 mnt (33,0 km) lewat Jl. Raya Meles dan Jl. Kuwarasan-Jatijajar
Rating tempat wisata4,3/5 dari 8.543 ulasan Google

Goa Jatijajar merupakan sebuah gua alam yang seluruh dindingnya terbentuk dari batuan kapur yang cantik. Panjang dari Goa Jatijajar sekitar 250 m dengan lebar 15 m dan tinggi 12 m. Jika ditilik dari ketinggiannya, lokasi Goa Jatijajar berada di 50 mdpl.

Pada tahun 1802, situs geologi Goa Jatijajar ini tidak sengaja ditemukan oleh petani bernama Jayamenawi. Saat Jayamenawi mencari rumput di dekat ladangnya, dia terperosok ke dasar gua. Setelah dia berhasil keluar, dia melaporkan penemuannya kepada pemerintah daerah setempat.

Kemudian Bupati Ambal meninjau lokasi gua yang ditemukan Jayamenawi. Saat penelitian gua berlangsung, ditemukanlah dua pohon jati kembar yang tumbuh sejajar di dekat mulut gua. Setelah penggalian dan penelitian selesai, situs geologi ini diberi nama Goa Jatijajar. Karena keunikan gua ini, saat ini Goa Jatijajar menjadi salah satu tempat wisata andalan dari Kabupaten Kebumen.

Jika kamu menjelajah ke dalam Goa Jatijajar, kamu akan mendapatkan banyak hal menarik, di antaranya:

  • Pemandangan cantik proses pembentukan stalagmit dan stalaktit di dalam gua
  • Pemandangan dinding kapur gua yang berusia ribuan tahun
  • Sendang cantik di dalam gua: Sendang Puser Bumi, Sendang Jombor, Sendang Mawar, Sendang Kantil
  • Diorama patung Raden Kamandaka dan Lutung Kasarung
  • Spot foto di dalam gua yang cantik

Jika kamu suka menjelajahi wisata alam yang memiliki nilai sejarah, maka Goa Jatijajar wajib kamu kunjungi.

Catatan: Banyak terdapat parkir liar di kawasan wisata. Pastikan parkir di area atas yang dikelola oleh pemda. Harga parkir lebih murah, lebih aman dan lebih nyaman.

2. Waduk Sempor

Waduk Sempor, Kebumen (kredit foto: Hari Prasetyo)
LokasiGombong, Waduk Sempor, Kec. Sempor, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Weekday: Rp8.000 Weekend: Rp10.000
Rute menuju tempat wisata dari kota Kebumen44 mnt (26,3 km) lewat Jl. Nasional III
Rating tempat wisata4,5/5 dari 3.795 ulasan Google

Waduk Sempor merupakan waduk buatan yang terletak di Kecamatan Sempor, Kabupaten kebumen. Pembangunan Waduk Sempor dimulai sejak tahun 1.958 dan selesai pada 1.978. Awalnya, Waduk Sempor didirikan sebagai cadangan air untuk irigasi, namun lama kelamaan kini menjadi objek wisata bagi warga di sekitar Kebumen.

Hal ini karena di area Waduk Sempor memiliki pemandangan alam cantik, suasana yang asri, udara sejuk dan tidak panas. Berbeda dengan kawasan lain di Kebumen yang cenderung panas karena berlokasi di dataran rendah dan dekat pantai.

Bagi wisatawan yang suka olahraga, di sekeliling Waduk Sempor telah dibuatkan lintasan untuk jogging dan bersepeda. Bagi yang suka menjelajah, kamu bisa berwisata menaiki perahu wisata atau main kano untuk keliling Waduk Sempor. Bagi yang suka wisata kuliner, kamu bisa berburu jajanan khas Kebumen di area kuliner Waduk Sempor. Mau ngadem aja? Bisa. Banyak tempat bersantai di sekitar Waduk Sempor.

Komplit. Pokoknya semua kebutuhan wisatawan telah difasilitasi.

Berikut prakiraan biaya yang dikeluarkan wisatawan saat rekreasi di Waduk Sempor, di antaranya:

  • Tiket masuk: Gratis
  • Sewa Kano: Rp20.000
  • Naik Perahu: Rp10.000
  • Jajan mendoan + teh manis: Rp9.000
  • Makan di warung makan: Harga mulai dari Rp7.000
  • Parkir motor: Rp2.000
  • Parkir mobil: Rp5.000

So, kapan mengajak pasangan/keluarga/rombongan kerjamu ke sini? Yuk, ramaikan wisata Kebumen.

3. Pantai Menganti

Pantai Menganti, Kebumen (kredit foto: instagram.com/milahmil__/)
LokasiDesa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 07.00-17.00
Harga tiket masuk (HTM)Rp17.000
Rute menuju tempat wisata dari kota Kebumen1 jam 17 mnt (45,0 km) lewat Jalur Pantai Selatan Jawa
Rating tempat wisata4,6/5 dari 3.639 ulasan Google

Lagi cari rekomendasi wisata pantai yang asyik di Kebumen? Coba deh main ke Pantai Menganti. Pantai Menganti merupakan pantai yang menduduki peringkat #1 dalam kategori pantai terindah di Kebumen. Karena pesona alamnya yang indah, Pantai Menganti selalu ramai dikunjungi wisatawan saat akhir pekan dan hari libur nasional.

Pantainya berpasir putih dan beberapa bagian banyak berbatuan karang dan kerikil. Air lautnya jernih dan berwarna kebiruan dengan ombak laut yang sedang. Bibir pantainya cantik dan anginnya sepoi-sepoi. Cocok untuk wisata bersama pasangan, rekan kerja hingga wisata bersama keluarga besar. Membawa anak-anak ke pantai ini pun juga aman. The best, lah!

Selain kondisi pantai yang cantik, ada 5 kelebihan Pantai Menganti lainnya, di antaranya:

  • Terdapat jembatan merah Pantai Menanti yang punya panorama alam cantik
  • Wisatawan bisa melihat panorama perbukitan dan pegunungan yang membentengi pesisir Kebumen. Dan hal seru lainnya, wisatawan bisa mendaki sampai atas bukitnya
  • Terdapat banyak tebing karst yang indah di sekitar pantai
  • Pemandangan sunset yang cantik dari Pantai Menganti
  • Fasilitas wisatanya lengkap dan terawat serta banyak spot foto cantik

Bagi kamu yang membawa rombongan besar, jangan khawatir. Area parkir di Pantai Menganti cukup luas. Dan akses transportasi menuju tempat wisata sudah bagus. Yuk, berlibur ke Pantai Menganti.

Jika mengunjungi Pantai Menganti, jangan lupa untuk berfoto di Jembatan Merah yang lagi viral ya. Hehe. See you, di Pantai Menganti.

4. Pantai Laguna Lembupurwo

Pantai Laguna Lembupurwo, Kebumen (kredit foto: instagram.com/ebrucomics/)
LokasiLembupurwo, Mirit, Area Sawah, Lembupurwo, Kebumen, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 07.00-17.00
Harga tiket masuk (HTM)Rp3.000/orang
Rute menuju tempat wisata dari kota Kebumen39 mnt (28,7 km) lewat Jl. Kejayan dan Jl. Urut Sewu
Rating tempat wisata4,2/5 dari 1.999 ulasan Google

Pantai Laguna Lembupurwo merupakan pantai berpasir hitam dengan laut yang cantik dan ombak sedang. Wisatawan bisa bermain air di bibir pantai, tapi tidak boleh berenang di lautnya.

Biasanya, setelah lebaran ada acara syawalan (9 syawal) di Pantai Laguna Lembupurwo. Pada momen tersebut, pantai ini ramai dikunjungi wisatawan. Wisatawan yang berkunjung biasanya menjelajah ke hutan cemara, hutan bakau, bibir pantai hingga ke gumuk pasir Pantai Laguna Lembupurwo.

Salah satu tempat menarik di Pantai Laguna Lembupurwo adalah keberadaan gumuk pasir. Kalau tempat ini dikelola dengan baik, bisa muncul rekreasi bentuk baru berupa sandboarding atau seluncur pasir. Semoga, pihak pengelola ke depannya lebih mengembangkan tempat wisata ini.

Untuk hal fasilitas, Pantai Laguna Lembupurwo cukup lengkap.

Berikut beberapa fasilitas yang ada di Pantai Laguna Lembupurwo, di antaranya:

  • Danau buatan
  • Warung makan
  • Wahana bermain anak
  • Kolam renang anak
  • Toilet umum
  • Tempat parkir
  • Jembatan bambu
  • Sewa kuda
  • Sewa ATV
  • Perahu
  • Musala

Secara umum, untuk tiket wisata Rp3.000, semua fasilitas wisata tersebut tergolong baik. Biarpun masih bisa ditingkatkan lagi untuk ke depannya. Terakhir, jika kamu ingin mencari wisata bagus dan murah di sekitar Kebumen, kamu bisa mampir ke Pantai Laguna Lembupurwo.

Catatan: Semenjak wabah Covid-19, fasilitas wisata di Pantai Laguna Lembupurwo tidak begitu terawat. Banyak sampah di mana-mana. Dan jembatan menuju ke pantai rusak. Semoga segera diperbaiki dan wisata Pantai Laguna Lembupurwo semakin maju.

5. Pemandian Air Panas Krakal

Pemandian Air Panas Krakal, Kebumen (kredit foto: instagram.com/sulis_krakal/)
LokasiKrakal, Kec. Alian, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 07.30-16.00
Harga tiket masuk (HTM)Weekday: Rp3.000 Weekend: Rp4.000 Mandi di pemandian air panas: Rp10.000
Rute menuju tempat wisata dari kota Kebumen21 mnt (10,9 km) lewat Jl. Pemandian Barat
Rating tempat wisata4,4/5 dari 1.957 ulasan Google

Rekomendasi tempat wisata selanjutnya adalah Pemandian Air Panas Krakal. Pemandian air panas ini terbentuk secara alami akibat proses alam. Kemudian pihak dinas pariwisata Kebumen mengelola pemandian ini menjadi pemandian umum dan kawasan wisata.

Suhu air panas yang mengalir di Pemandian Air Panas Krakal berkisar 39-42 derajat Celsius. Cukup hangat untuk melepaskan lelah di persendian dan otot. Kebanyakan wisatawan senang berendam di sini. Karena berendam air panas menyegarkan untuk tubuh.

Bagi wisatawan yang membawa anak, bisa bermain di taman bermain atau berenang di kolam renang anak. Tempat bermain anak relatif luas dan menyenangkan. Jadi, anak-anak tidak akan bosan menunggu orang tuanya yang sedang berendam.

Bagi yang tidak menyukai keramaian, kamu bisa memesan pemandian air panas privat di kelas VIP. Tempatnya memang didesain khusus untuk pengunjung yang lebih menyukai suasana privat. Jadi, berendam menjadi sangat nyaman dan tidak bising oleh hiruk pikuk wisatawan lainnya.

Yuk, lestarikan wisata Kebumen. Liburan besok, ke Kebumen ya. Hehe.

6. Pantai Suwuk

Pantai Suwuk, Kebumen (kredit foto: instagram.com/bebyayu___/)
LokasiJl. Lintas Sel., Patihan, Gadingsari, Kec. Sanden, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000
Rute menuju tempat wisata dari kota Kebumen43 mnt (30,5 km) lewat Jl. Raya Sokka dan Jalur Pantai Selatan Jawa
Rating tempat wisata4,3/5 dari 1.624 ulasan Google

Pantai Suwuk merupakan pantai berpasir hitam dengan bibir pantai cantik dan ombak yang cukup besar. Kondisi Pantai Suwuk pada dasarnya sama seperti pantai di Kebumen lainnya. Ramai wisatawan saat weekend dan liburan.

Pemandangan di sekitar pantai sangat cantik. Kamu bisa melihat bibir Pantai Suwuk yang basah disiram ombak. Jika posisi matahari sedang bagus, kamu bisa melihat sunset yang cantik. Tapi, seringnya sunset tertutup bukit sih. Hehe.

Pada saat langit cerah dan berawan, banyak spot foto yang eksotis yang bisa menjadi background foto keren. Terlebih foto dengan background laut, wow, keren banget.

Saat berfoto di laut, kamu harus berhati-hati ya. Karena ombak Pantai Suwuk cukup besar. Bahkan lebih ganas daripada ombak pantai selatan pada umumnya. Intinya, jangan berfoto terlalu ke tengah ya.

Untuk fasilitas wisata di Pantai Suwuk, kami lihat cukup lengkap dan terawat. Berikut beberapa fasilitas wisata yang bisa kamu nikmati, di antaranya:

  • Kamar mandi
  • Kamar bilas
  • Musala
  • Area parkir yang luas
  • Sewa ATV
  • Sewa Kuda
  • Miniatur pesawat terbang
  • Beragam rumah makan dengan sajian kuliner khas Kebumen

Dengan harga tiket Rp5.000, kami rasa sangat worth it untuk berwisata ke sini. Karena pantainya bagus dan banyak fasilitas wisata yang menunjang kenyamanan wisatawan.

Bagi yang ingin mengeksplore pantai Suwuk dari ujung ke ujung tapi takut capek, kamu bisa menyewa ATV maupun kuda untuk membantumu menjelajah. Tertarik? Yuk, datang dan berwisata ke Pantai Suwuk, Kebumen.

Catatan: Saat kamu kuliner di sekitar Pantai Suwuk, pastikan untuk mencicipi mendoan khas Kebumen yang enak. Kami jamin kamu pasti ketagihan akan kelezatannya.

7. Bukit Pentulu Indah Karangsambung

Bukit Pentulu Indah Karangsambung, Kebumen (kredit foto: instagram.com/sukawisataa/)
LokasiJl. Karangsambung, Area Kebun Dan Hutan, Kaligending, Kec. Karangsambung, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 06.00-18.00
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000
Rute menuju tempat wisata dari kota Kebumen36 mnt (22,1 km) lewat Jl. Karangsambung
Rating tempat wisata4,5/5.0 dari 1.536 ulasan Google

Rekomendasi tempat wisata terbaik di Kebumen yang terakhir adalah Bukit Pentulu Indah Karangsambung. Bukit Pentulu Indah Karangsambung merupakan tempat wisata favorit pagi pemburu sunrise dan pencinta awan

Biasanya, kalau weekend dan libur nasional tempat wisata ini dipenuhi oleh muda-mudi. Ada yang camping, ada yang berswafoto, ada yang bikin konten buat TikTok dan YouTube hingga ada yang sekadar nongkrong santai saja.

Nah, bagi kamu yang ingin berburu sunrise dan foto yang bagus, datanglah di weekday (senin-jum’at). Karena sepi pengunjung dan kamu bisa menikmati semua fasilitas wisata sepuasnya. Berikut beberapa fasilitas wisata di Bukit Pentulu Indah Karangsambung, di antaranya:

  • Berbagai spot foto yang cantik
  • Gazebo
  • Hammock
  • Rumah Hobbit
  • Panggung hiburan
  • Toilet
  • Musala
  • Rumah pohon
  • Taman

Hanya bermodalkan Rp10.000 untuk tiket masuk, kamu sudah bisa mendapatkan fasilitas wisata selengkap itu. Ini worth it, banget. Terlebih kalau kamu bisa mengabadikan momen indah saat rekreasi bersama orang-orang kesayanganmu.

Catatan: Jalan menuju area parkir cukup terjal dan sempit. Bagi pengemudi mobil harap berhati-hati.

Demikian ulasan lengkap tentang 7 rekomendasi wisata terbaik di Kebumen. Jika ada tempat wisata menarik yang kami lewatkan, tolong ingatkan kami melalui kolom komentar di bawah ya. Akhir kata, yuk, wisata ke Kebumen.

Related Posts