Pantai Mutiara Trenggalek: Tiket Masuk dan Gemerlap Keindahannya

Pesona Pantai Mutiara Trenggalek

Gunung, pantai, atau apa pun jenis tempat liburan yang kamu inginkan, semua bisa kamu temukan di Jawa Timur. Nah, jika pilihanmu jatuh kepada pantai, kami memiliki satu rekomendasi menarik: Pantai Mutiara Trenggalek. Seindah apa pantai yang diberi nama sesuai dengan salah satu perhiasan paling menawan di dunia ini? Mari telusuri kisah kami di sini.

Sekilas tentang Pantai Mutiara Trenggalek

Sekilas-keindahan-Pantai-Mutiara-Trenggalek
Pantai Mutiara, Trenggalek (image credit: instagram.com/cindykrusitadevi/)
Nama PantaiPantai Mutiara Trenggalek
LokasiKaranggongso, Tasikmadu, Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam  
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000,00
Daya tarik pantaiPantai yang putih, laut yang jernih, ayunan, banana boat, ATV, karang
Rating pantai4,5/5.0 – 1.458 ulasan Google.

Nama “Mutiara” yang disematkan pada pantai ini agaknya terinspirasi dari pasirnya. Pasirnya putih bersih, saat cahaya matahari menerpanya kilau pun terpancar. Sungguh jika dilihat, rasanya seperti berdiri di atas serbuk mutiara.

Kecantikannya semakin tampak saat dikombinasikan dengan air lautnya. Air laut di sana bersih, bebas sampah, dengan gradasi biru kehijauan. Ada pula karang-karang berjejer di sepanjang bibir pantai yang membuat pemandangan semakin dramatis. Tak mengherankan banyak orang yang menjadikannya lokasi selfie bahkan prewedding.

Di pinggir pantai, berjajar pula pohon-pohon rindang. Di bawahnya, kamu dapat menggelar tikar, bermain pasir, atau menyantap makanan-makanan lezat hasil tangkapan nelayan setempat.

Terdapat area yang cukup luas untuk mendirikan tenda dan menyalakan api unggun. Namun, kamu harus membawa peralatan berkemah sendiri.

Dari pusat kota Trenggalek, jaraknya sekitar 43,5 km atau 1 jam 29 menit perjalanan. Karena dekat dengan beberapa pantai lain seperti Pantai Kecil dan Pantai Mbangko’an, kamu bisa puas-puaskan diri bermain air dan pasir!

Jalan yang harus kamu lewati pun cukup untuk motor sekaligus mobil. Jadi, tidak ada masalah membawa keluarga besar ke sana.

Pantai Mutiara Trenggalek memang masuk ke dalam jajaran pantai selatan. Namun, karena posisinya yang berada di teluk, maka ombaknya pun tidak ganas. Anak-anak pun aman bermain di tepiannya dengan pengawasan.

Akses yang mudah, pantai yang indah, dan fasilitas lengkap membuat Pantai Mutiara Trenggalek menjadi buruan para wisatawan. Tak berlebihan jika ia dinobatkan sebagai salah satu pantai terindah di Trenggalek.

Rute ke Pantai Mutiara Trenggalek

Bagaimana cara menuju ke Pantai Mutiara Trenggalek? Berikut ini adalah rute dari beberapa area terdekat:

Daya Tarik Pantai Mutiara Trenggalek

Tahukah kamu mengapa banyak wisatawan yang pergi ke Pantai Mutiara Trenggalek? Berikut ini adalah beberapa pesona yang bisa kamu nikmati di Pantai Mutiara Trenggalek

1. Kayak

Betapa nyamannya menaiki perahu di atas air laut yang cukup tenang. Dari sana, kamu bisa melihat pesona pantai pasir putih, karang-karangnya, dan pohon-pohon rindang. Begitulah yang akan kamu rasakan saat menyewa kayak di Pantai Mutiara.

2. Banana boat

Pergi ke pantai rasanya kurang asyik jika tidak naik banana boat. Kamu bisa menaikinya dengan dua atau tiga teman/anggota keluarga. Dengan menggunakan pelampung, atraksi banana boat menjadi aman bahkan bagi anak-anak.

3. Snorkelling

Snorkelling adalah atraksi yang disukai oleh penggemar dunia bahari. Dengan keindahan karang, laut jernih, dan kekayaan biota lautnya, snorkelling di Pantai Mutiara sangat menyenangkan untuk dilakukan.

4. Makan Ikan Segar

Nelayan-nelayan menangkap ikan-ikan segar di laut Pantai Trenggalek. Ikan-ikan itu kemudian dijual di warung-warung dekat pantai. Kamu bisa mengonsumsinya dalam berbagai varian mulai dari ikan goreng hingga bakar.

5. Foto di ayunan

Ada ayunan ikonik di Pantai Mutiara yang membelakangi lautan. Saat duduk di sana, kamu bisa berfoto dengan latar belakang lautan lepas. Kamu juga bisa bersantai, menikmati sepoi-sepoi angin sambil berayun.

6. Camping

Pantai Mutiara Trenggalek juga terbuka untuk wisatawan yang ingin berkemah. Area camping cukup luas dengan pepohonan yang membuat teduh. Namun, kamu harus menjaga kebersihan pada saat camping. Jangan meninggalkan kayu bekas api unggun atau sampah lainnya.

Fasilitas wisata di Pantai Mutiara Trenggalek

Berikut adalah beberapa fasilitas yang disediakan di Pantai Mutiara Trenggalek:

  • Toilet
  • Area parkir
  • Warung makan dengan ikan-ikan segar
  • Tempat bersantai

Adapun fasilitas hiburannya antara lain:

  • Kayak
  • Snorkelling
  • Banana boat
  • Ayunan
  • Campsite

Spot foto cantik di Pantai Mutiara Trenggalek

Inilah momen-momen menyenangkan yang telah diabadikan para wisatawan saat berada di Pantai Mutiara:

Spot foto cantik di Pantai Mutiara Trenggalek
Spot foto cantik di Pantai Mutiara Trenggalek (image credit: instagram.com/liananda_kartika/)
Menikmati keindahan Pantai Mutiara Trenggalek dengan keliling pantai naik perahu
Menikmati keindahan Pantai Mutiara dengan keliling naik perahu (image credit: instagram.com/lailanur_s/)
Keliling Pantai Mutiara Trenggalek dengan Jetski (image credit: instagram.com/wahyuakmalw_/)

Perkiraan biaya pengeluaran saat berwisata

Persiapkan uang terlebih dahulu sebelum berwisata ke mana saja, termasuk ke Pantai Mutiara. Berikut perkiraan biaya yang harus dikeluarkan saat berada di sana.

Harga tiket masukRp10.000,00
Biaya parkirMotor: Rp2.000
Mobil: Rp5.000
Biaya makanRp15.000,00-Rp100.000,00
Biaya minumRp10.000,00-Rp25.000,00
Biaya sewa perahuRp25.000,00
Biaya sewa banana boatRp25.000,00
Biaya mendirikan tendaRp20.000,00

Jika kamu ingin bermain di Pantai Trenggalek, siapkanlah minimal Rp100.000,00. Dengan begitu, kamu bisa kenyang makan sekaligus mencoba minimal satu atraksi.

5 kelebihan Pantai Mutiara Trenggalek

Apa yang membuat banyak wisatawan senang saat berada di Pantai Mutiara Trenggalek? Ini dia:

  1. Pantainya bersih dengan pasir yang putih
  2. Banyak tempat menarik untuk foto
  3. Ombaknya tidak berbahaya
  4. Banyak atraksi menarik dan warung makannya lengkap
  5. Bisa camping di sana

5 kekurangan Pantai Mutiara Trenggalek

Tentu tidak ada tempat yang tak memiliki kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kekurangan yang perlu diantisipasi dari Pantai Mutiara Trenggalek.

  1. Terlalu ramai saat akhir minggu
  2. Udaranya agak panas
  3. Harus berhati-hati dengan karangnya
  4. Belum ada kafe yang estetik
  5. Saat ramai orang, beberapa tempat kotor

Kesimpulan

Untuk pengalaman menjelajah pantai yang sederhana, hemat, sekaligus menyenangkan, Pantai Mutiara adalah tujuan yang hebat. Jika sedang ke Trenggalek, jangan lupa untuk pergi ke sana, ya!

Related Posts