5 Wisata Kuliner di Klaten yang Terkenal Lezat dan Bikin Nagih

Rekomendasi Wisata Kuliner di Klaten yang Terkenal Lezat dan Bikin Nagih

Setelah berkeliling menjelajahi berbagai tempat wisata terbaik di Klaten, tentu kamu merasa lelah dan lapar. Di sekitar tempat wisata memang ada warung makan dan penjual camilan, untuk mengganjal rasa laparmu. Namun, rasa nggak afdol jika liburan di Klaten tapi nggak mencicipi kuliner Klaten.

Spesial buat kamu yang suka mencari makanan enak untuk menggoyang lidah, kami kurasikan 7 kuliner Klaten yang layak untuk dikunjungi bersama keluarga saat liburan di Klaten. Kuliner ini mulai dari masakan berkuah bening, bakaran, hingga bersantan. Kami pastikan kamu mendapatkan rumah makan yang nyaman, enak dan rasanya ngangenin. Siap? Let’s go!

1. Soto Segeer Mbok Giyem

Kuliner Klaten - Soto Segeer Mbok Giyem
Soto Segeer Mbok Giyem, Klaten (image credit: https://www.instagram.com/sotosegeermbokgiyem.id/
LokasiJalan Mayor Kusmanto, Tegaltalang, Semangkak, Kec. Klaten Tengah, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 05.30-20.30 WIB
Harga menu andalanSoto daging sapi: Rp10.000/porsi
Menu makanan lainnyaTempe goreng, mendoan, bakwan goreng, tahu goreng, prekedel, sate ati ampela, sate usus, sate telur puyuh, sate bakso, sate udang, risol, sate babat, sate cingur, dll.
Rating tempat kuliner4,5/5 dari 7.216 ulasan Google.

Bagi pencinta soto, di Klaten ada tempat kuliner soto yang perlu kamu coba, yaitu Soto Seger Mbok Giyem. Soto Segeer Mbok Giyem Klaten merupakan cabang dari Soto Segeer Mbok Giyem Boyolali yang sudah terkenal terlebih dahulu.

Lokasi Soto Segeer Mbok Giyem Klaten berada di Tegaltalang, Semangkak, Kec. Klaten Tengah, Kabupaten Klaten. Letaknya berdekatan dengan Calya Coffee and Eatery dan Papringan Resto & Cafee. Tepat di seberang bundaran perempatan, dekat jalan raya.

Jika kamu dari Alun Alun Klaten, ambil rute Jl. Pemuda/Jl. Raya Solo – Yogyakarta. Dengan berkendara selama 4 mnt (1,9 km), kamu akan segera sampai di Soto Segeer Mbok Giyem.

Selezat apa kuliner Soto Segeer Mbok Giyem?

Soto Segeer Mbok Giyem memiliki tekstur kuah yang bening. Di sajikan dalam keadaan panas dengan isian toge, seledri, bawang goreng, daun bawang, daging sapi 5-6 iris.

Kuah sotonya beraroma wangi dan segar. Saat mencoba sendokan pertama, rasanya seperti ada festival rempah-rempah di dalam mulut. Enak sekali. Berbagai macam rasa umami yang lezat tapi rasanya tidak begitu pekat.

Jika kamu tidak memiliki penyakit diabetes, darah tinggi dan kolesterol, kami menyarankan untuk mencoba menu pendampingnya. Ada sate ati ampela, sate daging, sate udang, sate babat, prekedel dan sate telur puyuh. Di tambah krupuk dan sambal, menjadikan santapanmu makin nikmat.

Soto Segeer Mbok Giyem biasanya ramai saat jam sarapan (07.00-10.00). Dan banyak pelanggan tetap yang gemar sarapan di sini. Hal ini karena kuliner soto di sini enak, tempat parkir luas di seberang jalan, akses transportasi mudah dan banyak pilihan menu pendamping.

Soto Segeer mbok Giyem bisa jadi kuliner ngangenin saat lagi liburan di Klaten. Jadi, jangan lupa mampir wisata kuliner di sini ya.

Selanjutnya, kita ke rumah makan legendaris di Klaten, yaitu RM Bu Sum eks Mayar. Yuk, lanjut.

2. RM Bu Sum eks Mayar

RM Bu Sum eks Mayar, Klaten (image credit: Nurrokhman)
LokasiJl. Klaten – Solo No.Km.4, Ngaran, Mlese, Kec. Ceper, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 08.00-21.00 WIB
Harga menu andalanNasi Trancam Ayam Goreng: Rp28.000
Nasi Trancam Ayam Bakar: Rp28.000
Menu makanan lainnyaNasi trancam lele, nasi rames ayam goreng/opor, nasi gudeg ayam goreng/opor, nasi lalap ayam goreng/bakar, nasi lalap lele goreng/bakar, nasi lalap nila goreng/bakar, kepala ayam.
Rating tempat kuliner4,3/5 dari 3.791 ulasan Google

Kuliner lezat di Klaten selanjutnya adalah RM Bu Sum eks Mayar. Rumah makan RM Bu Sum eks Mayar yang terletak di Ngaran, Mlese ini merupakan kuliner Klaten yang sudah terkenal sejak puluhan tahun silam. Namun, karena cita rasa masakannya yang konsisten enak, tempat kuliner ini tetap terkenal hingga saat ini.

Tertarik untuk mencoba?

Lokasi RM Bu Sum eks Mayar berada di Ngaran, Mlese, Kec. Ceper, Kabupaten Klaten. RM Bu Sum eks Mayar berdekatan dengan W. Wongso Menggolo dan Star Steak Batas Kota Klaten. Dan tepat berada di pinggir jalan utama Jogja-Solo. Jadi, kamu akan dengan mudah menemukannya.

Menu kuliner andalan dari Rm Bu Sum eks Mayar adalah trancam ayam goreng/bakar. Seporsi trancam ayam goreng terdiri dari lauk ayam kampung goreng tepung ukuran jumbo yang disajikan hangat dengan cita rasa gurih. Ditambah dengan seporsi trancam, sambal dan nasi hangat.

Fyi, trancam adalah masakan sejenis urap khas Jawa Tengah. Di mana, kuliner trancam berisi sayuran segar yang diiris halus, terdiri dari timun, daun kenikir, kacang panjang, taoge, wortel dan daun selada segar. Nanti, di atasnya diberi topping kelapa parut agak pedas dengan warna kemerahan. Jika di makan saat kondisi lapar, menu kuliner ini sangat lezat sekali. Maknyus!

RM Bu Sum eks Mayar biasanya ramai pengunjung saat pukul 11.00-14.00. Banyak pencinta kuliner menjadikan menu trancam ayam goreng/bakar sebagai menu makan siang. Karena komposisi makanannya bergizi tinggi, ada protein, lemak, karbohidrat, serat, vitamin dan mineral dalam satu hidangan. Seporsi trancam ayam goreng/bakar hanya Rp28.000.

Benar-benar hidangan mewah yang murah dan menyehatkan.

Bagi kamu yang ingin kuliner dengan rombongan besar, RM Bu Sum eks Mayar memiliki aula makan yang besar dan tempat parkir yang luas. Pada hari-hari tertentu kadang ada hiburan live musik keroncong yang memperkaya pengalaman kulinermu di Klaten.

Siap kuliner ke RM Bu Sum eks Mayar? Yuk, mampir ke sana saat liburan di Klaten.

3. Warung Makan Bu Hj Salamah

Garang Asem Bu Hj Salamah, Klaten (image credit: Yunita Kurnia Dewi)
LokasiJl. Ceper – Besole, Patih, Kuncen, Kec. Ceper, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 09.30-17.30 WIB
Harga menu andalanGarang asem: Rp30.000
Menu makanan lainnyaSop ayam, terik daging sapi, ayam kampung goreng, kikil, oseng daun pepaya, rames, opor ayam, baceman, dll
Rating tempat kuliner4.4/5 dari 3.476 ulasan Google

Bagi pencinta daging olahan, kami merekomendasikan kuliner garang asem di Warung Makan Bu Hj Salamah. Warung Makan Bu Hj Salamah merupakan tempat kuliner yang menjajakan menu garang asem, ayam kampung goreng/bakar, sop ayam dan terik daging sapi.

Lokasi Warung Makan Bu Hj Salamah berada di Jl. Ceper – Besole, Patih, Kuncen, Kec. Ceper, Kabupaten Klaten. Tepat di samping jalan raya Jogja-Solo. Kalau kamu dari alun-alun Klaten, langsung ambil arah Jl. Raya Solo-Yogyakarta. Dengan berkendara sekitar 20 mnt (10,6 km), kamu akan sampai di tempat kuliner ini.

Warung Makan Bu Hj. Salamah juga berdekatan dengan Bebek Gorang Pak Tohir dan Nasi Goreng Pak Edi. Jadi, akses transportasi menuju ke sana sangat mudah.

Menu kuliner andalan dari Warung Makan Bu Hj. Salamah adalah garang asem. Masakan garang asem di sini sangat gurih, enak dan bikin nagih. Garang asem merupakan makanan kuliner dari olahan ayam kampung yang dikukus dengan bungkus daun pisang. Cita rasa masakan didominasi oleh rasa asam, gurih dan pedas.

Untuk satu porsi Garang Asem, pengunjung cukup membayar Rp30.000 saja. Kamu akan mendapatkan Garang Asem dengan porsi yang cukup besar dengan rasa yang enak dan bikin nagih.

Catatan: Warung Makan Bu Hj. Salamah tidak begitu besar, jadi saat jam makan siang, kamu mungkin harus mengantre untuk dapat tempat duduk. Jam padat pengunjung sekitar pukul 11.00-14.00. Pada jam-jam tersebut banyak orang mencari makan siang.

4. Sate Kambing “Tali Roso” Pak Tri

Sate Kambing “Tali Roso” Pak Tri, Klaten (image credit: Phitoet Wulandari)
LokasiJalan Raya Sel. Wedi, Gadungan, Dusun II, Gadungan, Kec. Wedi, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 07.00-21.00 WIB
Harga menu andalanSate Kambing: Rp45.000
Gulai Kambing: Rp45.000
Menu makanan lainnyaTongseng, rica-rica, gulai, sate
Rating tempat kuliner4,2/5 dari 2.998 ulasan Google

Lanjut ke kuliner daging-dagingan. Di Klaten ada kuliner sate kambing yang terkenal, yaitu Sate Kambing “Tali Roso” Pak Tri. Sate Kambing “Tali Roso” Pak Tri merupakan tempat kuliner yang menyajikan masakan berbahan dasar daging kambing. Mulai dari sate kambing, tongseng, hingga gulai.

Berbeda dari sate kambing pada umumnya, Sate Kambing “Tali Roso” Pak Tri memiliki racikan bumbu yang khas. Bumbu rempah-rempahnya meresap ke dalam daging. Dan kuah gulainya harum dengan rasa gurih-manis. Jika kamu suka yang agak pedas, bisa langsung request saja ke penjualnya. Hehe.

Berlokasi di Gadungan, Kec. Wedi, Kabupaten Klaten, Sate Kambing “Tali Roso” Pak Tri buka dari jam 07.00 sampai jam 21.00. Waktu-waktu terpadat di tempat kuliner ini adalah pukul 11.00-14.00. Banyak pekerja yang mampir ke sini untuk makan siang sambil istirahat.

Menu andalan dari Sate Kambing “Tali Roso” Pak Tri adalah sate kambing. Tekstur sate camping di sini sangat empuk dan bumbu daging bisa meresap sampai ke dalam daging. Jika kamu mencicipi dalam kondisi masih hangat sensasi daging yang empuk akan menggoyang lidahmu. Maknyus tenan!

Seporsi sate kambing dan gulai kambing dibanderol dengan harga Rp45.000. Harga agak sedikit mahal daripada sate kambing pada umumnya, namun jika kamu pencari kenikmatan rasa, kami kira kuliner ini akan membuatmu ketagihan.

Catatan: Sate Kambing “Tali Roso” Pak Tri tidak memiliki ruangan yang luas, jika kamu datang saat makan siang, kemungkinan kamu akan mengantre. Tempat kuliner ini cocok untuk rombongan 3-8 orang. Tempat parkir tidak begitu luas dan pinggir jalan raya.

5. Kakung Sableng

Ayam Panggang Kakung Sableng, Klaten (image credit: instagram.com/makankeliling/)
LokasiJalan Kartini No. 3, Warung Kidul, Tegalyoso, Dusun 2, Tegalyoso, Kec. Klaten Sel., Kabupaten Klaten, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 10.00-21.00 WIB
Harga menu andalanIngkung Ayam Panggang: Rp137.000
Ayam Panggang: Rp28.000
Menu makanan lainnyaIngkung ayam panggang/kremes/areh, ingkung bebek panggang/kremes, ayam taliwang, ayam penyet, bebek penyet, lele panggang/terbang, nila panggang/terbang, bandeng panggang/goreng, dll
Rating tempat kuliner4,2/5 dari 2.150 ulasan Google

Rekomendasi kuliner lezat di Klaten yang terakhir adalah Kakung Sableng. Kakung Sableng merupakan tempat kuliner yang mengusung masakan tradisional mewah yang memanjakan lidah. Saat kami mencicipi masakan di sini, kami seperti berada di tempat lain. Seperti nggak di Klaten jaman ini.

Menu andalan dari tempat kuliner Kakung Sableng adalah ingkung ayam panggang dan ingkung bebek panggang. Menu ingkung ayam panggang adalah ayam utuh yang dimasak dengan cara dipanggang dengan rempah-rempah khusus.

Aroma ayam panggangnya sangat harum. Tekstur daging ayamnya lembut. Dan bumbu lumur ayam panggangnya gurih banget. Maknyus tenan! Menu ayam panggang ini disajikan dalam wadah nampan dari anyaman bambu. Bentuknya cukup besar. Ada sayur, kacang, dan sambal di samping ingkungnya.

Perpaduan sayuran dan ayam panggang yang pas untuk kuliner setelah lelah mengelilingi berbagai wisata terbaik di Klaten. Untuk harga, kami rasa relatif murah. Jika kamu memesan porsi satuan, harga menu Ayam Panggang hanya Rp28.000 saja. Jika kamu memesan dalam porsi besar harga satu ingkung ayam panggang sekitar Rp137.000. Bisa dimakan 4-5 orang.

Tempat kuliner Kakung Sableng memiliki tempat parkir yang luas dan tempat makan yang luas. Kondisi tempat makannya juga sangat nyaman. Udaranya sejuk dan dingin di aula dalam. Konsep rumah makan berbentuk seperti pendopo terbuka, bisa muat untuk rombongan besar. Jika kamu ingin tempat makan agak privat dengan jumlah rombongan kecil, kamu bisa memilih tempat di gazebo.

Tertarik ingin kuliner ke Kakung Sableng?

Jika kamu dari Alun Alun Klaten, kamu hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 5 mnt (2,1 km) lewat Jl. Raya Solo – Yogyakarta. Akses transportasi mudah karena rumah makan berada di pinggir jalur utama. Waktu kunjungan terbanyak biasanya terjadi pada pukul 12.00-16.00. Tapi, kamu nggak usah khawatir, pasti ada bangku yang kosong, karena tempat kuliner ini cukup luas.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Klaten yang Lagi Hits (2022)